Aplikasi smartphone memudahkan kita mencari tahu informasi perbankan, memesan tiket pesawat, mengetahui lokasi tempat makan favorit, bermain game virtual dan sebagainya. Sayangnya, perkembangan teknologi ini tidak berdampak banyak pada pengguna.

Berdasarkan studi terbaru, 71% pengguna smartphone hanya memanfaatkan gadget mereka untuk menelepon, berkirim pesan SMS, mengecek jejaring sosial dan bermain game. Kenyataannya, sebagian besar pengguna hanya memanfaatkan 10% fungsi smartphone mereka.

Survei ini dilakukan pada 2 ribu pengguna yang ternyata merasakan tekanan dari lingkungan untuk mendapatkan smarphone terbaru dan tercanggih, seperti iPhone 4 milik Apple atau BlackBerry dari Research in Motion.

Smartphone menjadi perangkat teratas kado Natal. Selain memiliki kapasitas untuk mengunduh (download) program aplikasi, gadget canggih juga memungkinkan pengguna berselancar internet dan berkirim pesan elektronik atau email.

Penelitian ini dilakukan oleh Environfone, perusahaan yang melakukan daur ulang perangkat seluler memperkirakan ada sekitar 11 juta pengguna smartphone di Inggris.

“Ponsel terbaru hanya menjadi simbol status yang tampak menakjubkan tapi tidak sepenuhnya berfungsi,” ujar Jon Butler dari Envirofone.